20 Manfaat Menakjubkan Puasa Bagi Kesehatan



20 Manfaat Menakjubkan Puasa Bagi Kesehatan [ www.BlogApaAja.com ]

  • Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDLand apoprotein alfa1, dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagikesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa the penelitian"chronobiological" menunjukkan saat puasa ramadan berpengaruh terhadap ritmepenurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin danglisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya jugaberperanan bagi peningkatan kesehatan manusia.

  • Keadaan psikologis yang tenang, teduh dantidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saatmarah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalinakan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer,meluaskan pebuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah rterial danmenambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin jugamenambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah.Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluhdarah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

  • Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi. Saat puasaterjdi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasidari makanan. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang.Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasifungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak danasam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunasprotein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru danmembersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.

  • Puasa bisa menurunkan kadar gula darah,kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangatdianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesteroltinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasienbahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yangsudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yangpenuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macampenyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yangdiakibatkan kelebihan nutrisi lainnya.

  • Sedang di antara manfaat puasa ditinjau darisegi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan,membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dankelebihan lemak di perut.

  • Termasuk manfaat puasa adalah mematahkannafsu. Karena berlebihan, balk dalam makan maupun minum serta menggauli isteri,bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat sertamengakibatkan kelengahan.

  • Penghentian konsumsi air selama puasa sangatefektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatanosmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalamkeadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal.Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah.Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darahdan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darahmerah.

  • Dalam keadaan puasa ternyata dapatmeningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadipengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darahputih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. Perubahanaksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahanHDL. LDL merupakan model lipoprotein yang meberika pengaruh stumulatif bagirespon imunitas tubuh.

  • Pada pelitian terbaru menunjukkan bahwaterjadi penurunan kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelumpuasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan seragan penyakit jantung dan pembuluhdarah.

  • Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwapola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasimakanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistempencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebutmerupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.

  • Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian padakesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormontestoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyatahasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukansperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruhke dua testis.

  • Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauhadalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) ataurematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral(netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkanbahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatankemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.

  • Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolismedilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksuallaki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron),perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagaihormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormontestoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggujaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelahpuasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihisebelumnya.

  • Bahkan seorang peneliti di Moskow melakukanpenelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk sizofrenia. Ternyatadengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna.Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangiresiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolakseksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi

  • Pikiran kita yang melambat ketika lapar,ternyata menjadi lebih tajam. Secara instingtif, bukti ilmiah ini bisa diterimaterkait dengan fakta bahwa dalam banyak hal, masalah lapar adalah masalahkelanjutan hidup. Jadi wajar saja, jika rasa lapar membuat pikiran semakintajam dan kreatif. Sekelompok mahasiswa di University of Chicago dimintaberpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mentalmereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapatnilai "remarkable".

  • Termasuk manfaat puasa adalah mempersempitjalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setanmasuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa, maka diaaman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. Karena itu Nabishallallahu "alaihi wasallam menjadikan puasa sebagai benteng untuk menghalanginafsu syahwat nikah, sehingga beliau memerintah orang yang belum mampu menikahdengan berpuasa.

  • Seorang ilmuwan di bidang kejiwaan yangbernama Dr. Ehret menyatakan bahwa untuk hasil yang lebih dari sekedar manfaatfisik, yaitu agar mendapatkan manfaat mental dari aktivitas berpuasa, seseorangharus menjalani puasa lebih dari 21 hari.

  • Ilmuwan psikiater lainnya yaitu Dr. E.A.Moras, mengatakan bahwa seorang pasien wanitanya telah menderita sakit mentalselama lebih dari delapan bulan. Wanita itu telah berobat kesana-kemaritermasuk ke para ahli saraf dengan hasil kurang memuaskan. Ia memintanya untukberpuasa. Wanita itu mengalami perbaikan kondisi mental, dan bahkan dinyatakansembuh setelah berpuasa selama lima minggu. Di dalam otak kita, ada sel yangdisebut dengan "neuroglial cells". Fungsinya adalah sebagai pembersih danpenyehat otak. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan"dimakan" oleh sel-sel neuroglial ini.

  • Sebuah tulisan penelitian yang dilakukan Dr.Ratey, seorang psikiaters dari Harvard, mengungkapkan bahwa pengaturan danpembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak. Dr. Ratey melakukanpenelitian terhadap mereka yang berpuasa dan memantau otak mereka dengan alatyang disebut "functional Magnetic Resonance Imaging" (fMRI). Hasil pemantauanitu menyimpulkan bahwa setiap individu obyek menunjukkan aktivitas "motorcortex" yang meningkat secara konsisten dan signifikan.

  • Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama MarkMattson, Ph.D., seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH"s NationalInstitute on Aging. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet yang tepatseperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakitde-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson. Hasil penelitiannya menunjukkan,bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal,berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligusperemajaan sel-sel otak.


Follow On Twitter